Welcome to our site

welcome text --- Nam sed nisl justo. Duis ornare nulla at lectus varius sodales quis non eros. Proin sollicitudin tincidunt augue eu pharetra. Nulla nec magna mi, eget volutpat augue. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer tincidunt iaculis risus, non placerat arcu molestie in.

Pakaian yang mencuci sendiri

Rabu, 03 November 2010

Pakaian yang “mencuci” sendiri

Mar 13
oleh risna, pada 6:27 pm

Catatan: berita ini lebih ke arah opini sebagai ibu rumah tangga :)

Penemuan baru di bidang tekstil oleh peneliti di Universitas Monash, Australia ini tentunya berita bagus buat para ibu rumah tangga yang selalu mengeluh dan berharap ada baju yang bisa membersihkan dirinya sendiri sehingga pekerjaan rumah tangga bisa berkurang.

Para peneliti yang dipimpin oleh Walid Daoud, seorang peneliti kimia organik dan nanomaterial, menemukan cara melapisi kain dengan titanium dioxide nanocrystals, yang dapat memecah remah makanan dan kotoran yang mungkin menempel di pakaian apabila pakaian itu berada di bawah sinar matahari.

Mereka telah membuat serat alami seperti wool, sutera dan hemp yang akan secara otomatis membersihkan diri sendiri dari remah makanan, kotoran lain yang menempel di pakaian dan bahkan noda dari anggur merah ketika pakaian itu terkena sinar matahari.

Walaupun lapisan titanium dioxide nanoparticles itu bisa mengoksidasi bahan-bahan organik yang menodai pakaian, bahan nanopartikel tersebut tidak akan mendekomposisi wool dan tidak berbahaya untuk kulit manusia. Bahkan menurut Daoud, lapisan nanopartikel ini tidak akan mengubah bentuk dan nilai rasa dari bahan pakaian aslinya. Para peneliti optimis bahwa bahan pakaian yang dilapisi nanopartikel ini sudah akan ada di pasaran dalam waktu 2 tahun mendatang.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui cara kerja nanopartikel membersihkan pakaian, silahkan baca artikel lengkapnya. Saya pribadi tidak sabar menunggu bahan pakaian itu beredar dipasaran, dan berharap harga jualnya cukup terjangkau :)

0 komentar:

Posting Komentar